Sebelum melangkah
lebih jauh bagaimana setting karburator, alangkah baiknya kalau kita bahas
dahulu tugas dari karburator. (serius)
Karburator adalah
pencampur Bahan Bakar (BB) + Udara (O2). Kira-kira dengan perbandingan range
nya :
BB : O2 = 1 : 13-15
Cara kerja dari karburator adalah mengandalkan tekanan negatif atau kevakuman
silinder saat melakukan langkah hisap. Ada dua jenis karburator, constant
velocity yang mengandalkan skep dengan yang vakum dengan menkanisme membran,
dua karburator ini memiliki keunggulan masing-masing. Yang pasti untuk power
dan torsi besar dibutuhkan karburator yang dapat memberikan buka tutup secara
konstan, bukan yang vacum, karena begitu mengadopsi camshaft racing dengan
overlap besar otomatis tekanan negatif piston lebih tinggi karena langkah hisap
dimulai jauh-jauh sebelum piston turun untuk langkah hisap. Karburator vakum
akan bereaksi lambat terhadap perubahan ini.
Kenapa pake range???,
padahal teori di buku2 primbon, pembakaran ideal itu 1:14 ????
tenang ga usah bingung mikir jawabanya.. dibawah ini sudah saya jelaskan..
Banyak faktor yg
menyebabkan campuran ideal BB disetiap kendaraan anda berbeda2, dikarena
kondisi mesin & linkungan mempengaruhi settingan campuran BB:O2.
misal :
1. HUMIDITY (kelembaban) lingkungan : makin tinggi BERARTI
campuran BB terkontaminasi air, BERARTI campuran makin miskin, BERARTI bensin
hrs lebih banyak.
2. KOMPRESI mesin makin tinggi : BERARTI mesin makin panas
BERARTI butuh suplai BB lebih banyak biar mesin gak overheat.
3. SUHU lingkungan rendah : BERARTI suhu kerja mesin
turun BERARTI bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal.
4. KENALPOT (Free flow) : BERARTI rpm makin tinggi BERARTI
suhu mesin meningkat BERARTI butuh BB makin tinggi.
5. & Masih banyak lagi parameter yg harus diperhatikan termasuk
desain lubang masuk pada blok (porting) yg berpengaruh dgn settingan spuyer
sebagai penyalur BB.
Itu teori dasarnya.
Spuyer Karburator :
Tak ubahnya manusia dan
makluk ciptaan Tuhan yang beradab.. karburator punya 2 spuyer seperti halnya
manusia punya 2 lubang hidung (ga nyambung *biarin yeekk..*) :
1. Satu buah MAIN JET
yg berperan meyalurkan
BB saat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas.
2. Satu buah PILOT JET
yg berperan
menyalurkan BB dari putaran gas 0 derajat sampe penuh, cm efek dari pilot jet
ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh N rpm mesin
yg sudah tinggi.
Hal lain yg tidak
kalah pentingnya dan sangat berpengaruh dengan setingan :
1. Ukuran Venturi karbu : Jika ukuran venturi karbu makin besar
maka akan semakin banyak udara yg lewat sehingga butuh spuyer lebih besar baik
pilot atau main jetnya agar bisa menemukan campuran yang diharapkan.
2. Jarum skep : bentuknya kecil runcing (glodag..
namanya jg jarum). Jarum Skep atau yang bahasa kerenya di sebut Needle jet ini
mampu mempengaruhi 10 sampai dengan 60 % tingkat kesempurnaan campuran dari
bensin dan udara di karburator. Selain itu yang dapat dirasakan secara nyata
Jarum skep ini berpengaruh di putaran menengah dari tenaga motor anda. jadi
apabila ada gejala lambat, atau bahkan tersendat cobalah untuk melakukan
setting jarum skep.
3. Stelan angin : kalo yg ini 90% pembaca pasti udah
tahu... gampang... hehee..
Trus kapan kita harus
membesarkan ato mengecilkan spuyer2 tadi?
Sebelumnya hrs tahu dulu gejala2 mesin saat kekurangan BB dan kebanyakan BB:
1. “Ngempos” adalah gejala mesin seperti kehilangan tenaga yg disebabkan
kekurangan BB
2. “Mberebet” adalah gejala mesin yg sebenernya dirasa padat cuma tenaga
seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalo
settingannya terlalu basah.
Berarti kl NGEMPOS mesin butuh BB, kl BREBET mesin kebanyakan BB.
Nah berikut kasus2 yg
sering terjadi krn masalah pilot jet :
1. Motor kl pagi susah hidup karena begitu gas dibuka ngempos terus mati ya
berarti naekin pilot jet.
2. Motor dah jalan tapi sering tiba2 kehilangan tenaga saat putaran rendah
berarti naekin pilot jet
3. Motor sering over heat saat jalan pelan berarti minta naek pilot jet
4. Motor brebet di putaran bawah tapi enak di put atas berarti pilot jet
kebesaran.
5. Motor gak pake di cuk kl pagi N bisa langsung start (ini jg gak normal)
berarti pilot harus turun.
Kesimpulannya, kalau
ada gejala ngempos,suhu tinggi diputaran yg relatif rendah maka minta naek
pilot jet, dan kalau ada gejala brebet di put rendah jg maka pilot hrs turun.
kasus2 mainjet:
1. Mtr dibawa kebut2an sampe putaran atas dan begitu jalan pelan2 jadi ngempos
dibarengi asep ngebul BERARTI suhu saat putaran tinggi meningkat drastis
BERARTI main jet minta naik.
2. Nafas motor di putaran atas terlalu panjang berarti mainjet minta naik.
3. Motor ngelitik padahal yg lain normal BERARTI suhu mesin SANGAT TINGGI saat
putaran atas BERARTI main jet minta naik.
4. Motor Brebet di putaran atas saja berarti main jet minta turun
5. dll
Kesimpulannya, jika motor Brebet di putaran atas berarti main jet hrs turun,
jika mtr suhunya tinggi di putaran atas berarti main jet minta naik.
Note:
1. Setiap ada perubahan ukuran spuyer WAJIB setting angin
2. Jangan berpatokan pada indikator suhu untuk panduan setting karena pasti
nggak sesuai, ini butuh mekanik yg feelingnya kuat. (untuk newbie mekanik trial
n erorr dah biasa kaleee... tetep semangat..!!!!)
3. Adakalanya detonasi tidak bisa diobati dengan naekin spuyer jika detonasinya
sudah parah. Ini berarti ada ketidaknormalan pada komponen mesin lainnya.
Nah untuk setelan
karburator yang pas tentu sudah banyak yang tahu, kerja pilot jet adalah untuk
mengatur idle hingga seperempat throtle open, pada putaran menengah yang
bekerja adalah sedikit pengaruh pilot jet dan pengaruh clip position dan jarum
skep v.s nozzle, pada 3/4 putaran gas yang bekerja hanya skep karburator dan
perangkatnya, sedangkan full throtle murni tugas main jet.
Tujuan set up karburator sebenernya simple, mencari campuran molekul udara
terhadap bahan bakar yang ideal guna membentuk senyawa yang mudah untuk
dipantik busi dan memiliki potensi yang kuat untuk diledakkan. Perbandingan
tertentu akan menghasilkan tenaga dan performa yang berbeda.
sekian dari saya terima kasih selamat jalan selamat menikmati riset karburator
borrz..!!!!!!!!!
*setelah semingu lebih
berjibaku dengan karburator batman..!!!! asem tenan karbu iki...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus