Selasa, 16 Juni 2015

Membangun IP PBX Server Dengan Windows 7 dan 3CX Phone System


3CX Phone System adalah sebuah software IP PBX yang dapat menggantikan perangkat fisik PBX / PABX. IP PBX dari 3CX ini telah didevelop khusus untuk sistem operasi Windows dan berprotokol standar SIP, sehingga akan lebih mudah dimanage dan tentunya akan cocok dengan segala jenis SIP Phone, softphone maupun IP Phone.
3CX Phone System, selain berbasis Windows, 3CX juga memberikan paket teknologi komunikasi yang lengkap dengan menyertakan voice mail, fax, email dan status kehadiran/online user dan juga Video Call.
Masing-masing user juga dapat mengkonfigurasi pengaturan extensinya masing-masing melalui web-based user portal, yang tentunya dapat diakses dari mana saja tanpa bantuan IT Staff. di antaranya fitur-fitur seperti Call Forwarding dan Caller ID.
Dengan konsol web-based, administrator pun dapat dengan mudah membuat extensi-extensi baru dan mengubah pengaturan IP PBX. Dan karena 3CX Phone System adalah aplikasi Windows, tentunya akan sangat mudah dimonitor dan dikontrol. Anda dapat meingstall 3CX pada sebuah server yang sudah ada, atau bisa divirtualisasikan dan tidak memerlukan perangkat , tenaga dan biaya manajemen tambahan.

Pada kali ini kita akan membangun sebuah Ip PBX Server dengan windows 7 dan 3CX phone System menggunakan sebuah PC sebagai server dan beberapa smartphone Android yang digunakan sebagai client nantinya.

Langkah awal yang dilakukan yaitu menginstall "Software Based PBX for Windows". Setelah selesai menginstall, kita mulai konfigurasi 3CX Phone System ( IP PBX Server ). Di awali dengan pilihan bahasa, pilih bahasa yang akan digunakan, lalu klik Next.


Selanjutnya tentukan IP Local / LAN IP PBX server kita. Pada Contoh ini digunakan IP 192.168.43.51 " yaitu IP yang didapat dari tethering Smartphone yang digunakan" lalu klik Next.


Selanjutnya tampilan permintaan untuk menentukan IP Public. Pada kali ini kita hanya tidak mengguanakan Ip public karena hanya akan membuat jaringan Local. Klik Next.


Jika IP PBX server baru pertama kita buat, maka pilih Create New PBX. Atau kita juga dapat menggunakan fitur restore dari hasil backup jika kita sudah memiliki file backup dari IP PBX server sebelumnya. Lalu klik Next


Selanjutnya menentukan jumlah digit extention. Pada contoh ini kita pilih 3 digit. Lalu klik Next.


Selanjutnya kita menentukan SMTP Server untuk penggunaan voice mail. Lalu klik Next.


Selanjutnya Administrator Login and Password dengan memasukkan username admin dan password admin. klik Next.


Selanjutnya membuat extension untuk operator dan client, dengan nomor extension 100, 101, 102 dan id serta password yang di set sesuai keinginan. Klik Add.


Selanjutnya menentukan negara dan dialing kode. pilih indonesia, lalu klik Next.


Selanjutnya menetukan nomor extension Operator, pada kali ini kita gunakan extension 100. lalu klik Next.


lanjut dengan tahap berikutnya, Next kan aja sampai online registration pilih Skip, lalu Next.


Sehingga muncul tampilan seperti gambar di bawah ini berarti seluruh proses inisialisai konfigurasi telah berhasil dilakukan. Lalu klik Finish.


Selanjutnya lakukan pengaturan 3CX Phone System 10 Ip PBX Server melalui aplikasi Start, lalu double click pada icon 3CX. dan masukan username dan password "admin" seperti gambar dibawah ini.


Sehingga muncul tampilan seperti gambar di bawah. terlihat telah terdaftar 3 buah extension yaitu nomor 100, 101, 102 yang dengan warna hijau berarti telah terhubung atau On Hook.


Adapun Konfigurasi yang dilakukan pada masing2 client pada PC ataupun smartphone yang telah terinstall 3CX nya seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.







Apabila konfigurasi benar dan berhasil, maka status pada Extension status akan berubah menjadi Hijau yang menandakan sudah bisa melakukan panggilan. seperti yang terlihat pada gambar berikut ini :



Kita juga bisa melakukan Call Conference, yaitu melakukan panggilan dengan beberapa participants seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :



Enjoy It Guys!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar