Rabu, 19 September 2012

Membuat Jaringan Peer to Peer Menggunakan Wifi Internal Laptop (WiFi Ad hoc)



Jaringan WiFi Ad hoc  adalah mode jaringan WiFi yang memungkinkan dua atau lebih device (komputer atau router) untuk saling berkomunikasi satu sama lain secara langsung (dikenal dengan istilah peer to peer) tanpa melalui Central Wireless Router atau Acces Point (AP). Sedangkan jaringan WiFi yang menggunakan sebuah Acces Point Router untuk menghubungkan antara semua client dengan sumberdaya jaringan lainnya disebut jaringan WiFi mode  Infrastructure.

Oke, kembali ke topik, langkah pertama adalah anda harus menyiapkan sebuah laptop yang terdapat perangkat wireless. Saat ini Rata-rata semua produk laptop/netbook keluaran pabrik saat ini sudah perangkat wirelessnya.
  
1.      Buka Control Panel-Network and Internet ->Network and Sharing Center



2.      Muncul jendela seperti dibawah ini, pilih Set up a wireless ad hoc (computer to computer)


 3.      Pilih Next untuk melanjutkan




 4.      Masukan Nama Network yang akan kita bikin, untuk Security type pilih WPA2-Personal, dan masukan Secutity key yang nantinya akan dijadikan sebagai password komputer lain untuk masuk dalam koneksi yang telah anda buat ini. Next


5.      Proses setting up Ad Hoc sedang berjalan



6.      Finish



7.      Selanjutnya anda bisa mengecek daftar koneksi wifi , lihat gambar. Jika terdapat jaringan wifi dengan nama yang kita buat terdapat pada daftar tersebut, selamat anda berhasil.






 8. Selamat Mencoba
  
Jika komputer kita sudah terhubung dengan jaringan Ad hoc yang telah dibuat, kita bisa saling bertukar data (sharing data) atau atau perangkat keras sperti printer, modem dan perangkat lainya. Sebagai catatan performance jaringan Ad Hoc ini akan turun secara drastis dengan bertambahnya jumlah computer yang terhubung. 

2 komentar: