Rabu, 19 September 2012

Team Viewer l Panduan & Permasalahan Remote PC Via Internet


TeamViewer adalah suatu program yang cukup sederhana dan sangat mudah digunakan untuk beberapa keperluan terutama melakukan akses PC secara remote melalui internet.

TeamViewer saat ini sudah mencapai versi 4, merupakan aplikasi yang sangat cocok digunakan untuk mengakses PC lain melalui internet, keunggulan utamannya adalah Gratis siapa juga yang ga seneng denger kata-kata gratis.


Sangat menarik karena teamviewer dapat cross-platform connections. Saya sudah menggunakannya sejak versi 3 dan sampai sekarang kedua versi tersebut masih terinstall dan dapat berjalan dengan baik, karena Teamviewer hanya bisa melakukan akses komputer (PC) secara remote jika menggunakan versi yang sama.

Fitur utama TeamViewer adalah:
  1. Remote Support
  2. Presentation
  3. File Transfer
  4. VPN
Yang sering saya gunakan hanya Remote Support (akses PC Klien melalui jalur internet), fitur/manfaat TeamViewer yang satu ini sangat membantu jika kita perlu mengakses PC yang jauh dari posisi kita sekarang, karena cukup terkoneksi internet dan mengetahui ID serta Password PC tersebut dalam hitungan detik kita sudah bisa akses PC itu secara remote seperti kita ada di depan PC tersebut secara langsung. Selain fungsi remote desktop, manfaat lain yang sering saya gunakan adalah "File Transfer" daripada berkirim file lewat email saya lebih pilih menggunakan teamviewer, karena bisa melakukan copy file langsung ke direktori yang kita inginkan, bisanya saya lakukan jika akan update program yang saya buat untuk beberapa konsumen.

Perbedaan utama yang saya rasakan saat menggunakan program ini dengan beberapa program untuk remote desktop adalah "cepat dan stabil" walau kadang saya akses internet hanya dengan koneksi GPRS, tapi masih sanggup melakukan remote ke PC lain,jika anda mempunyai koneksi internet yang cukup cepat dan stabil maka delay yang terjadi tidak akan terasa, karena seakan-akan anda berada langsung di depan PC tersebut.

Syarat utama untuk dapat mengunakan TeamViewer adalah:
  • Install TeamViewer di kedua PC yang akan melakukan koneksi secara remote (versi sama)
  • Koneksi internet sudah tersambung
  • Masukan ID dan password PC yang akan diremote. ID dan Password dapat menggunakan mode dynamic maupun ditentukan sendiri, tergantung kebutuhan saya biasa menggunakan kedua duanya tergantung situasi.
Tampilan utama TeamViewer, jika sudah tampil (Ready to connect (secure connection)) maka anda siap melakukan koneksi ke PC lain, kemudian masukan ID PC klien jika koneksi berhasil maka akan muncul kotak "Password", isi password teamviewer PC yang akan anda remote. Jika berhasil maka akan tampil desktop PC yang diremote tersebut.
Jika anda ingin melakukan File Transfer, maka pilih "File Transfer" pada bagian pilihan yang terlihat dibawah kotak ID, kemudian klik "Connect to partner".


Jika ingin menggunakan password dan ID yang tetap maka cukup tempatkan kursor mouse pada bagian kotak password, maka akan tampil seperti gambar diatas, pilih "Set user definied password" kemudian masukan password yang anda inginkan.

Teamviewer sangat membantu jika anda mengelola/membuat program karena kadang saya menggunakannya untu melakukan perbaikan bug/error program maupun mengakses database klien dan memperbaikinya secara langsung tanpa perlu datang ke lokasi


Cara Mengatasi Masalah pada Teamviewer
Teamviewer adalah perangkat lunak yang memungkinkan anda untuk melakukan desktop sharing melalui Internet. Anda dapat mengontrol komputer partner anda yang berada ditempat lain, dan melakukan berbagai hal. Semua ini sangat mudah untuk dilakukan, dan bahkan anda tidak perlu pusing dengan hal-hal yang bersifat teknis seperti firewall, IP address, ataupun NAT.
Tapi bagaimana jadinya jika anda mau remote komputer partner yang berada di tempat lain, keluar gambar seperti ini:




Pasti kesal kan.??
Jelas kesal karena anda hanya bisa meremote komputer partner dalam waktu yang singkat yaitu 5 menit. Biasanya kalau sudah 5 menit remote, teamviewer akan secara otomatis close dengan sendirinya. Kalaupun anda mau remote lagi biasanya harus nunggu dulu 2 - 5 menit baru bisa remote lagi dengan kondisi yang sama yaitu 5 menit.
Sangat mengganggu kan.?? Apalagi anda dituntut harus bekerja dengan cepat menyelesaikan masalah yang ada di komputer partner yang mau di remote.

Bagaimana cara mengatasi supaya teamviewer anda tidak terputus selama 5 menit remote ke partner? Saya punya solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

1.Uninstall Teamviewer yang ada di komputer anda melalui Control Panel
2.Buka Run(Start >> All Programs >> Accessories >> Run) dan ketik regedit lalu OK
3.Klik Computer lalu klik menu Edit >> Find...
4.Masukan kata kunci: teamviewer lalu klik Find Next (File teamviewer tidak hanya 1) kalau sudah ketemu, delete filenya dan coba lagi tekan F3 (di keyboard) untuk Find Next kemudian delete lagi file teamviewernya sampai terdelete semua filenya di regedit.
 5.Untuk memastikan semua file teamviewernya sudah terdelete di regedit, ulangi dari langkah 3 - 4
 6.Kalau sudah semua ke delete file teamviewernya baru anda rubah MAC Address di komputer anda.
 7.Masuk ke Local Connection Area





8.Klik OK
9.Silahkan anda install lagi teamviewernya.
10.Coba remote ke partner & Selesai 

Met Mencoba  :D

2 komentar: