Rabu, 10 Oktober 2012

KeUtamaan Sholat Tasbih Dan Tata Cara Melaksanakannya



  saya kutip dari buku yang ditulis oleh Al-Habib Ust Segaf Hasan Baharun, S.HI.(Pengasuh Ponpes Darullughah Wadda'wah Bangil-Pasuruan Jatim).
Sholat Tasbih merupakan salah satu Sholat sunnah yang Sangat di anjurkan oleh Rosululloh SAW untuk dilaksanakan karena sangatlah besar Faedah yang didapat
. Diantaranya, Alloh akan mengampuni Dosa-dosa kita, menarik segala kebaikan dan kebahagiaan serta menghindarkan kita dari segala macam musibah, Bala’ dan bermacam-macam keburukan.
Perlu diketahui juga, sholat tasbih ini merupakan pesan Rosululloh kepada Pamannya Sahabat Sayyidina Abbas RA. Yang kurang lebih artinya demikian :
“Rosululloh SAW Bersabda Kepada Pamannya Sayyidina Abbas RA. Wahai Paman, Maukah Engkau Aku Beri Sesuatu? Maukah Engkau Aku Hadiahkan Sesuatu? Maukah Engkau Aku Melakukan Untukmu Sepuluh Hal? Dan Jika Engaku Lakukan Hal Itu Maka Alloh Akan Mengampuni Segala Dosa-Dosamu Yang Awal Sampai Akhir, Yang Sudah Lama Engkau Lakukan Atau Yang Baru, Yang Sengaja Engakau Lakukan Atau Tidak, Baik Dosa Kecilmu Maupun Dosa Besar. Yang Tersembunyi Maupun Yang Tampak Dengan Melakukan 10 Hal. Yaitu Dengan Melaksanakan Sholat Empat Rakaat Setiap Rakaat Engkau Baca Al-Fatihah Dan Satu Surat Dari Surat-Surat Al-Qur’an Dan Jika Selesai Dari Membaca Keduanya Pada Awal Rakaat Tersebut Maka Bacalah Pada Saat Engkau Masih Berdiri.
(SUBHAANALLAH WAL HAMDU LILLAAH WALAA ILAAHA ILLALLAHU WALLAHU AKBAR)
15 Kali, Kemudian Setelah Itu Kamu Laksanakan Ruku’ Dan Bacalah Tasbih Tadi Ketika Kamu Masih Dalam Keadaan Ruku’ Sebanyak 10 Kali, Setelah Itu Kamu Angkat Kepalamu Dari Ruku’ Untuk I’tidal Dan Bacalah Tasbih Tersebut Ketika Itu 10 Kali, Kemudian Kamu Sujud Dan Saat Sujud Kamu Baca Tasbih Itu Juga 10 Kali, Kemudian Kamu Bangun Dari Sujud Pertamamu Juga Bacalah Tasbih 10 Kali, Dan Kemudian Lakukan Lagi Sujud Untuk Yang Kedua Kali Dan Baca Tasbih Itu Sebanyak 10 Kali,  Kemudian Kamu Bangun Dari Sujud Keduamu Dan Baca Lagi Tasbih Itu Sebanyak 10 Kali, Maka Jumlah Keseluruhan Tasbih Yang Kamu Baca Adalah 75 Kali Dan Kamu Lakukan Seperti Itu Dalam Empat Rakaat. Dan Jika Kamu Dapat Melakukan Itu Semua Setiap Hari Maka Lakukanlah, Dan Jika Kamu Tidak Mampu, Maka Lakukanlah Setiap Minggu, Dan Jika Tidak Mampu Lakukanlah Setiap Bulan, Dan Jika Tidak Mampu Makan Kamu Lakukanlah Walaupun Setiap Tahun Sekali, Dan Kalau Tidak Mampu Juga, Maka Lakukanlah Walaupun Satu Kali Dalam Seumur Hidupmu”.
Subhanalloh..sangat-sangat di anjurkannya sampai-sampai Rosululloh SAW menyampaikan  
“Lakukanlah walaupun satu kali dalam seumur hidupmu”
Cara melaksanakannya :
Sholat tasbih ini boleh dilaksanakan empat rakaat sekaligus dengan satu salam, namun alangkah baiknya jika dilaksanakan dengan dua salam yaitu dua rakaat-dua rakaat jika malam hari. Dan boleh juga sholat ini dilaksanakan kapanpun siang atau malam(Terkecuali waktu-waktu yang diharamkan untuk melaksanakn sholat sunnah). Langkah-Langkah lebih jelasnya yaitu :
1.      Membaca tasbih 15 kali setelah membaca surat dan sebelum ruku’.
2.      Membaca 10 kali ketika ruku’.
3.      Membaca 10 kali ketika I’tidal.
4.      Membaca 10 kali ketika sujud pertama.
5.      Membaca 10 kali ketika duduk diantara dua sujud.
6.      Membaca 10 kali ketika sujud kedua.
7.      Membaca 10 kali ketika bangun dari sujud kedua pada rakaat pertama dan ketiga ketika duduk untuk istirahat sebelum berdiri dan pada rakaat kedua dan keempat dibaca ketika sebelum Tasyahud(Takhiyat).
Jadi bacaan tasbih pada setiap rakaat adalah 75 kali. Dan dilakukan empat rakaat maka total 300 kali tasbih.
Kawanku yang budiman, semoga kita semua yang hadir disini merupakan Ummat yang Cinta kepada Rosululloh SAW, dengan melaksanakan apa yang telah dilakukan Rosul dan kelak mudah-mudahan kita akan bertemu Rosululloh di Surga. Karena besok di hari kiamat Alloh akan mengumpulkan orang-orang dengan apa yang diCintainya.
Mudah-mudahan bermanfaat….amien….!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar